Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

kesehatan lambung

Menjaga Kesehatan Lambung



Pernah merasakan rasa tidak nyaman, mual, dan nyeri di perut? Penyebab rasa nyeri pada lambung sebenarnya adalah GERD (Gastroesophagal Reflux Disease). GERD bisa disebabkan oleh berbagai gangguan pada tubuh, antara lain kelainan fungsi otot kerongkongan, gangguan fungsi lambung, faktor genetik dan bisa juga karena asma. Semua ini dapat menaikkan produksi asam lambung naik sehingga menyebabkan berbagai keluhan. Gejala yang paling umum adalah heartburn, yakni sensasi panas dan nyeri pada perut bagian atas, dada, dan tenggorokan.


Rasa sakit pada lambung bisa juga akibat tukak yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter Pylori (H.Pylori) tetapi bisa juga disebabkan oleh penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu seperti aspirin. Tukak adalah kerusakan pada lapisan dalam dinding lambung atau usus dua belas jari yang disebabkan oleh asam lambung, usus atau cairan lain yang dihasilkan oleh proses pencernaan.

Gejala tukak lambung atau dyspepsia adalah rasa sakit atau tak nyaman pada lambung, kembung, perut terasa penuh atau malah kosong, mual ringan dan kebiasaan bersendawa.

Untuk mengurangi risiko terkena tukak lambung, konsumsilah makanan kaya serat. Serat juga dapat mempercepat penyembuhan penyakit lambung. Serat terbaik adalah yang yang bersumber dari buah dan sayur.

Apel ampuh untuk meringankan tukak. Selain itu, makanan yang kaya flavonoid seperti seledri, bawang bombay dan teh hijau atau hitam juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori penyebab tukak. Bahkan, zat sulforaphrane yang terkandung pada brokoli bisa mematikan H.pylori.

Sebaliknya, penderita tukak lambung sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir sehari dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap H.pylori. Juga, hindari minuman bersoda dan makanan dan minuman yang mengandung kafein, coklat, juga mint.

Sedapat mungkin hindari lemak jenuh dan asupan lemak berlebihan, terutama jika memiliki kelebihan berat badan. Obesitas, juga meningkatkan potensi tingginya asam lambung.

Hindari makan sebelum tidur. Pastikan waktu terakhir anda mengonsumsi makanan adalah dua jam sebelum tidur. Saat tidur, sebaiknya posisikan tubuh miring ke kiri. Posisi lambung menjadi lebih tinggi dari kerongkongan, jika miring ke kanan.
Setelah makan, berjalan-jalanlah sebentar. Atau paling tidak tetap duduk atau berdiri tegak. Jangan berbaring atau melakukan gerakan membungkuk.

(Infosehat/dila) 

clubbing.kapanlagi.com/threads/69855-Menjaga-Kesehatan-Lambung

0 komentar:

Posting Komentar